Pahami 5 Penyebab Nyeri Pinggang dan Cara Mengobatinya

 On Senin, 03 Oktober 2016  

Nyeri pinggang bisa menyerang siapa saja, usia berapa saja. Penyebab dan penanganannya pun beragam. Dulu, nyeri pinggang identik dengan penyakit kaum lansia. Tapi kini, usia 20-an tahun pun bisa terserang nyeri pinggang. Bahkan atlet yang notabene rajin mengolah tubuh pun bisa merasakan nyeri pinggang.

Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan nyeri pinggang. Faktor penyebab ini juga yang menentukan cara penanganannya. Beda penyebab, beda penanganan.

Ahli saraf, menyebut ada beberapa jenis nyeri pinggang. Yang paling sering dialami oleh pasien diantaranya adalah :

Nyeri pinggang non spesifik

Nyeri pinggang jenis ini merupakan 85 persen dari kasus yang ada. Umumnya disebabkan oleh cedera otot dan ligamen, dan kram. Gejalanya biasanya berupa nyeri mendadak jika seseorang melakukan kegiatan berat dan lama.

Untuk pengobatannya bisa dengan istirahat, alat terapi kesehatan tulang Luvina Back Stretcher, kompres daerah nyeri dengan air hangat, dan jika terpaksa, diperlukan suntik lokal.

Nyeri Pinggang hernia nucleus pulposus (HNP)

Merupakan penyebab tersering untuk nyeri pinggang yang menjalar hingga ke tungkai kaki. Diperlukan diagnosa dengan MRI untuk mendapat hasil yang paling tepat, apakah benar seseorang menderita nyeri pinggang jenis ini.

Pengobatannya bisa dimulai dengan alat terapi kesehatan tulang Luvina Back Stretcher, istirahat, fisioterapi. Bila pengobatan tersebut tidak berhasil, bahkan terlihat gejala bertambah parah, maka diperlukan tindakan operasi.

Nyeri pinggang akibat osteoporosis

Nyeri pinggang ini biasanya menyerang pada wanita sesudah masa menopause, kaum perokok, peminum alkohol, orang yang kurang berolahraga, dan obat-obatan mengandung steroid yang digunakan dalam jangka lama.

Nyeri pinggang jenis ini, menyebabkan tulang jadi mudah patah dan tulang mudah gepeng. Dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan densitas tulang, terutama bagi kaum lansia.

Nyeri pinggang akibat tumor ganas

Jenis nyeri pinggang ini merupakan yang paling berat dan biasanya berasal dari keganasan tumor di tempat lain seperti tumor payudara, tumor prostat, dan lainnya.

Untuk pengobatan, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk dipertimbangkan langkah selanjutnya.

Nyeri pinggang psikogenik

Jenis nyeri pinggang ini ditemukan pada penderita depresi dan cemas. Biasanya sudah kronis dan berlangsung lebih dari 3 bulan. Hal ini terjadi karena gejala yang terjadi tidak sesuai dengan pemeriksaan klinik.

Disarankan untuk mengatasi mmasalah depresi atau kecemasan yang dialami oleh pasien terlebih dulu.
Pahami 5 Penyebab Nyeri Pinggang dan Cara Mengobatinya 4.5 5 Ferra Nurlidia Senin, 03 Oktober 2016 Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan nyeri pinggang. Faktor penyebab ini juga yang menentukan cara penanganannya. Beda penyebab, beda penanganan. Ahli saraf, menyebut ada beberapa jenis nyeri pinggang. Yang paling sering dialami oleh pasien diantaranya adalah : Nyeri pinggang bisa menyerang siapa saja, usia berapa saja. Penyebab dan penanganannya pun beragam. Dulu, nyeri pinggang identik dengan pe...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.